Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo Pengadilan Agama Muara Tebo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Muara Tebo

Komplek Perkantoran Seentak Galah Serengkuh Dayung Jl. Lintas Bungo-Tebo KM 12 Muara Tebo Prop. Jambi 37571 Indonesia

Telepon: 0744-21560 Faks: 0744-21560 E-mail: pa.muaratebo@gmail.com

Logo Artikel

93 ARSIP BERITA

Hadiri Workshop KEPPH, Ketua PA Muara Tebo Didaulat Sampaikan Pesan dan Kesan

Muara Tebo – Dalam rangka menjaga dan menegakkan kehormatan serta keluhuran martabat serta perilaku hakim untuk masa mendatang, Komisi Yudisial Republik Indonesia menyelenggarakan Workshop KEPPH di Hotel Abadi, Jambi dari tanggal 10 - 13 September 2019.

Ketua PA Muara Tebo, Hj. Baihna, S.Ag., M.H., bersama 37 orang peserta lainnya yang terdiri dari hakim PN 19 orang dan hakim PA 18 orang. Di antara peserta tersebut ada yang berstatus Ketua dan ada juga yang berstatus hakim yang berasal dari wilayah hukum Jambi dan Sumatera Selatan.

Ketua PTA Jambi, DR. H. Busri Harun dalam sambutannya menyampaikan bahwa berlangsungnya workshop merupakan keputusan bersama Ketua Mahkamah Agung RI dan Ketua Komisi Yudisial RI tentang KEPPH dengan tujuan agar hakim sebagai penegak hukum memiliki jiwa yang baik dan luhur serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Oleh sebab itu, dia berharap KEPPH harus selalu dikaji serta dihayati sehingga menjiwai setiap insan pengadilan terutama hakim agar kinerjanya dalam menegakkan hukum dan keadilan bermartabat dan berwibawa.

Di akhir acara workshop, Ketua PA Muara Tebo, Hj., Baihna, S.Ag., M.H., didaulat untuk menyampaikan pesan dan kesan dari perwakilan Pengadilan Agama.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PA Muara Tebo menyampaikan apresiasi atas acara yang digelar komisi yudisial dan berharap kegiatan workshop dapat berlanjut di masa mendatang sehingga hakim sebagai penegak hukum benar-benar memiliki pribadi yang baik, luhur, bermartabat serta menjunjung tinggi kode etik. (ahmad khumaidi/jurdilaga PA Muara Tebo-PTA Jambi)


KPA Muara Tebo Hadiri Peringatan Haornas ke - 36

 

Muara Tebo – Senin (09/09), Pemerintah Kabupaten Tebo menggelar upacara peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) Ke - 36 yang dilaksanakan di lapangan upacara ex. MTQ Kabupaten Tebo.

Hadir dalam upacara yang dipimpin langsung Bupati Tebo, H. Sukandar, S. Kom., M. Si., ini unsur Forkopimda yang terdiri dari Ketua Pengadilan Agama Tebo, Hj. Baihna, S.Ag., M.H., Kalapas Tebo, Kepala OPD, dan seluruh ASN serta pelajar di wilayah Kabupaten Tebo.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Tebo menyampaikan sambutan tertulis Menteri Pemuda Dan Olahraga Republik Indonesia. Dalam sambutan tersebut disebutkan oleh Bupati bahwa peringatan Haornas ke - 36 Tahun 2019 ini mengambil tema "Ayo Olahraga, Dimana Saja, Kapan Saja". Tema tersebut mengandung makna bahwa olahraga merupakan kegiatan yang dapat dilakukan dimana dan kapan saja.

Kemudian Bupati Tebo menjelaskan bahwa olahraga tidak hanya sebatas jasmani, lebih dari itu adalah rohani. "Dengan sehat rohani kita berarti telah mendukung kebijakan presiden tentang revolusi mental, serta SDM unggul Indonesia Maju," jelasnya.

Terpisah, Ketua PA Muara Tebo, Hj. Baihna, S.Ag., M.H., yang ditemui jurdilaga berharap kepada warga negara Indonesia khususnya yang ada di Kabupaten Tebo dapat mencintai olahraga dan memposisikan olahraga sebagai pilihan dan gaya hidup sehat.

Acara selanjutnya diakhiri dengan prosesi penyerahan bonus atlit dan pelatih peraih medali pada Porprov dan Peparprov Tahun 2019 pada cabang angkat berat, atletik, panahan, pacu perahu, dan renang serta penyerahan juara lomba lari 10 K. (umay/Jurdilaga PA Muara Tebo-PTA Jambi)


Wejangan HT PA Muara Tebo Gagalkan Perceraian Pihak Berperkara

Muara Tebo – Hakim Tunggal (HT) Pengadilan Agama Muara Tebo, Syamsul Hadi, S.Ag., M.Sy., dengan kesungguhan dan kepiawaiannya melalui nasihat-nasihat yang dikemukakan dalam persidangan berhasil meluluhkan hati pihak yang berperkara.

Berkat nasihat Hakim Tunggal yang juga Wakil Ketua Pengadilan Agama Muara Tebo ini Penggugat yang berperkara dengan nomor 0332/Pdt.G/2019/PA.Mto., urung bercerai dan mencabut perkaranya serta bersedia rukun kembali dengan sang suami tercinta.

Hal ini kembali menunjukkan bahwa Pengadilan Agama yang selama ini dianggap hanya memutus perkara, sangat mengedepankan jalur perdamaian, terbukti Hakim Tunggal yang juga alumnus IAIN Batusangkar ini dengan nasihatnya berhasil menyatukan kembali rumah tangga yang berada diambang kehancuran.

Kepada jurdilaga, pria paruh baya ini menyampaikan bahwa pada dasarnya semua orang menginginkan kebaikan dalam rumah tangganya, oleh sebab itu jika nasihat yang diberikan tepat untuk hati yang sedang galau, maka tidak tertutup kemungkinan perdamaian akan tercapai

“Yang jelas sebagai hakim yang bersidang kita hanya berusaha secara maksimal agar setiap perkara dinasihati terlebih dahulu agar berdamai sesuai amanat Perma nomor 1 tahun 2016 tentang mediasi dan selanjutnya Allah Swt. punya kuasa atas hati anak manusia,” ujarnya lugas. (umay/Jurdilaga PA Muara Tebo-PTA Jambi)


Pimpinan PA Muara Tebo Hadiri Purnabakti HT PTA Jambi

Muara Tebo – Senin (02/09), PTA Jambi menggelar acara purnabakti Hakim Tinggi PTA Jambi, M. Nasir Daud yang memasuki usia pensiun 67 tahun. Hadir dalam acara tersebut pimpinan Pengadilan Agama sewilayah PTA Jambi termasuk didalamnya, Ketua PA Muara Tebo, Hj. Baihna, S.Ag., M.H., dan Wakil Ketua, Syamsul Hadi, S.Ag., M.Sy.

Acara yang dilaksanakan di aula PTA Jambi ini berlangsung lancar, khidmat dan sungguh sangat berkesan bagi pimpinan-pimpinan yang hadir dalam acara tersebut.

Acara purnabakti diawali dengan hadirnya Hakim Tinggi yang purnabakti di Aula PTA Jambi didampingi istri. Selanjutnya dia disambut dan dilepas dengan karpet merah, dan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta Hymne Mahkamah Agung RI pun berkumandang melepas pria yang telah malang melintang di dunia peradilan tersebut.

Kepada jurdilaga, Ketua PA Muara Tebo menyampaikan bahwa acara purnabakti yang dilaksanakan benar-benar berkesan dan dia juga mengucapkan terima kasih kepada hakim tinggi yang telah purnabakti karena selama bertugas telah berbagi ilmu dan wawasan, baik itu kepada pimpinan maupun kepada hakim serta pejabat kepaniteraan sewilayah PTA Jambi. (umay/Jurdilaga PA Muara Tebo-PTA Jambi)


Subcategories

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 



Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas