Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo Pengadilan Agama Muara Tebo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Muara Tebo

Komplek Perkantoran Seentak Galah Serengkuh Dayung Jl. Lintas Bungo-Tebo KM 12 Muara Tebo Prop. Jambi 37571 Indonesia

Telepon: 0744-21560 Faks: 0744-21560 E-mail: pa.muaratebo@gmail.com

Logo Artikel

93 ARSIP BERITA

Wejangan Ketua Majelis Hakim PA Muara Tebo Berbuah Manis

Muara Tebo – Ketua Majelis Hakim yang juga Ketua Pengadilan Agama Muara Tebo, Hj. Baihna, S.Ag., M.H., Kamis (14/03/2019) berhasil menyatukan kembali biduk rumah tangga pihak berperkara dalam sidang keliling yang dilaksanakan di aula Kelurahan Wirotho Agung, Kecamatan Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo.

Keberhasilan ini bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan, mengingat kuatnya keinginan dari pihak penggugat atau isteri untuk berpisah dengan Tergugat atau suami.

Menurut wanita yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua Pengadilan Agama Kuala Tungkal ini perkara yang berhasil dirukunkan dalam persidangan ini telah melalui tahap mediasi dengan seorang mediator dan dalam laporan mediasi telah dinyatakan tidak berhasil untuk dirukunkan.

Namun demikian, dalam setiap persidangan dirinya selalu mengupayakan secara maksimal agar keduanya berdamai. Alhasil dalam persidangan keempat pihak Penggugat atau isteri akhirnya luluh dan siap memperbaiki rumah tangga dengan Tergugat atau sang suami dengan mengedepankan kepentingan yang lebih luas dan mengenyampingkan sikap egois masing-masing pihak.

“Saya senang dapat menjembatani dan mencarikan solusi dari kemelut rumah tangga yang dihadapi Penggugat dan Tergugat dan keduanya dapat bersatu kembali dalam bingkai rumah tangga,” ujarnya lugas.

Dia berharap agar rumah tangga yang telah berhasil dirukunkan ini dapat terus langgeng dan menjadikan masalah ini sebagai ujian untuk kehidupan rumah tangga yang lebih baik di masa mendatang.  (Umay/Jurdilaga PA Muara Tebo-PTA Jambi)


Tingkatkan Layanan, PA Muara Tebo Operasikan PTSP

Muara Tebo – Setelah sebelumnya sukses mencanangkan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Selasa (19/03/2019) Pengadilan Agama Muara Tebo mulai mengaktifkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Ketua Pengadilan Agama Muara Tebo, Hj. Baihna, S.Ag., M.H., mengapresiasi jajarannya yang cukup sigap dalam merealisasikan pelayanan terpadu satu pintu dengan memanfaatkan fasilitas yang sudah tersedia tanpa harus menggelontorkan biaya.

"Alhamdulillah berkat kerjasama seluruh jajaran Pengadilan Agama Muara Tebo dibawah koordinator Wakil Ketua Pengadilan Agama Muara Tebo, Pak Syamsul Hadi PTSP kita sudah mulai beroperasi dan mudah-mudahan semuanya dapat berjalan lancar,” ujarnya lugas.

Penyandang gelar Magister Hukum ini juga menyebutkan bahwa dengan beroperasinya PTSP, pihaknya berharap pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan efektif dan efisien.

“Saya berharap dengan beroperasinya PTSP, layanan terhadap masyarakat dapat dilaksanakan secara cepat, tepat dan terarah,” pungkasnya. (umay/Jurdilaga PA Muara Tebo-PTA Jambi)


Gelar Rapat, KPA Muara Tebo Bahas PTSP dan APM

Muara Tebo – Senin (18/03/2019), Ketua Pengadilan Agama Muara Tebo, Hj. Baihna, S.Ag., M.H., bersama Wakil Ketua, Syamsul Hadi, S.Ag., M.Sy., menggelar rapat rutin dengan pokok bahasan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan persiapan Assesment Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) yang akan dilaksanakan pada bulan Juni mendatang.

Hadir dalam acara yang dilaksanakan di ruang sidang ini, Hakim, Panitera, Sekretaris serta seluruh elemen satker Pengadilan Agama Muara Tebo. Pada kesempatan tersebut, Ketua Pengadilan Agama Muara Tebo menekankan kepada jajarannya agar sesegera mungkin menerapkan PTSP sesuai arahan Dirjen Badan Peradilan Agama.

“Pada dasarnya semua pelayanan yang kita berikan pada masyarakat sudah berjalan, hanya saja memang pelaksanaan belum melalui satu pintu. Oleh sebab itu saya berharap Pengadilan Agama Muara Tebo dapat melaksanakan PTSP dengan mempedomani keputusan Dirjen Badan Peradilan Agama tentang Pedoman Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Lingkungan Peradilan Agama,” ujarnya lugas.

Tak hanya itu, orang nomor satu di Pengadilan yang berada di bumi seentak galah serengkuh dayung ini juga menekankan agar seluruh jajarannya menyiapkan segala sesuatu terkait tahapan surveillance akreditasi penjaminan mutu yang akan dilaksanakan bulan Juni mendatang.

“Saya harap semua pihak yang telah ditunjuk terkait APM dapat melaksanakan tugasnya secara professional dan proporsional,” pungkasnya. (umay/Jurdilaga PA Muara Tebo – PTA Jambi)


PA Muara Tebo Gelar Nobar Sidang Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung RI

Muara Tebo – Kamis (27/02/2019), aparatur Pengadilan Agama Muara Tebo menggelar nonton bareng menindaklanjuti Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 02 Tahun 2019 tentang sidang istimewa laporan tahunan Mahkamah Agung RI Tahun 2018.

Nonton bareng live streaming acara sidang istimewa laporan tahunan Mahkamah Agung RI Tahun 2018 ini dipimpin langsung Ketua Pengadilan Agama Muara Tebo, Hj. Baihna, S.Ag., M.H., Wakil Ketua Pengadilan Agama Muara Tebo, Syamsul Hadi, S.Ag., M.Sy. Panitera  Pengadilan Agama Muara Tebo, Izzami Thaufiq, S.H., M.H, Hakim Pengadilan Agama Muara Tebo, M. Rifai, S.H.I, M.H.I.

Dalam acara yang juga dihadiri Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, serta tamu dari negara-negara sahabat, Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, S.H., M.H., menyampaikan beberapa poin di bidang kepaniteraan antara lain bidang teknis perkara dan pembaharuan di bidang manajemen perkara.

Selanjutnya beberapa poin di bidang kesekretariatan antara lain capaian kinerja pengelolaan keuangan untuk keenam kalinya secara berturut-turut Mahkamah Agung dapat mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), kemudian penghargaan dari Kementerian Keuangan atas kinerja pelaksanaan anggaran terbaik tahun anggaran 2017.

Selain itu, di tahun 2018, menurut orang nomor satu di Mahkamah Agung ini seluruh peradilan di 4 lingkungan peradilan telah menerapkan pelayanan terpadu satu pintu dan capaian reformasi birokrasi dalam penilaian mandiri selalu mengalami kenaikan.

Tak hanya itu, di tahun yang sama Mahkamah Agung juga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi, sebagai lembaga yang mampu membangun zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani dalam rangka percepatan program reformasi birokrasi.

Ketua Mahkamah Agung dalam penyampaian laporan tahunan 2018 juga tak lupa mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-setingginya kepada hakim dan aparatur Mahkamah Agung dan badan-badan peradilan yang telah bekerja dengan sungguh-sungguh demi kemajuan badan peradilan. 

Selanjutnya acara sidang pleno istimewa laporan tahunan Mahkamah Agung Tahun 2018 ditutup oleh Ketua Mahkamah Agung RI dan diakhiri dengan pambacaan do’a oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang, Drs. H. Endang Ali Ma’sum, S.H, M.H. (Umay/Jurdilaga PA Muara Tebo-PTA Jambi)


Subcategories

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 



Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas