Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo Pengadilan Agama Muara Tebo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Muara Tebo

Komplek Perkantoran Seentak Galah Serengkuh Dayung Jl. Lintas Bungo-Tebo KM 12 Muara Tebo Prop. Jambi 37571 Indonesia

Telepon: 0744-21560 Faks: 0744-21560 E-mail: pa.muaratebo@gmail.com

Logo Artikel

667 KOPERASI AL QADHA PA MUARA TEBO TERAPKAN PRINSIP SYARI AH

Koperasi Al Qadha PA Muara Tebo Terapkan Prinsip Syari’ah

Muara Tebo - Koperasi Syari’ah Al Qadha Pengadilan Agama Muara Tebo secara perlahan mulai menerapkan sistem syari’ah dalam operasionalnya. Hal ini terbukti di awal tahun 2019, koperasi yang diketuai Rajani, S.Ag., M.E.Sy., melakukan transaksi perdana dengan akad syari’ah.

Adapun anggota koperasi yang melakukan akad kredit syari’ah pertama dengan sistem murabahah yakni Wakil Ketua Pengadilan Agama Muara Tebo, Syamsul Hadi, S.Ag., M.Sy.

Kamis (17/01/2019), Ketua koperasi syari’ah al qadha menyerahkan barang yang diperlukan oleh anggota koperasi yakni berupa satu unit sepeda motor dengan disaksikan Ketua Pengadilan Agama Muara Tebo, Hj. Baihna, S.Ag., M.H dan Hakim Pengadilan Agama Muara tebo, M. Rifa’i, S.H.I, M.H.I.

Setelah menerima barang dan memeriksanya, anggota koperasi yang juga lulusan terbaik Magister Syari’ah ini berharap akad murabahah yang dipraktikkannya dapat terus berjalan sehingga anggota koperasi dapat terhindar dari praktik riba.

Tak hanya itu, pria yang telah malang melintang di dunia peradilan ini juga berharap praktik yang dilakukannya dapat diikuti oleh anggota koperasi lainnya sehingga koperasi syari’ah al qadha Pengadilan Agama Muara Tebo benar-benar berjalan sesuai dengan landasan syari’ah.

Terpisah, Ketua koperasi yang juga Sekretaris Pengadilan Agama Muara Tebo, Rajani merasa bersyukur di awal 2019 pihaknya dapat menggerakkan koperasi dalam bingkai syari’ah sesuai dengan embel-embel yang menempel pada nama koperasi.

Alumnus Fakultas Ekonomi Syari’ai Universitas Islam negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi ini juga menjelaskan bahwa pihaknya sudah lama merancang penerapan sistem akad kredit yang digunakan pada koperasi. Namun hal itu belum mampu terwujud sepenuhnya karena banyak faktor.

“Walaupun belum sepenuhnya berjalan dengan prinsip syari’ah, namun saya dan pengurus koperasi lainnya merasa bersyukur di awal tahun ini dapat menjalankan amanah RAT 2018 yang lalu, yang salah satu isinya adalah mempraktikkan proses akad kredit koperasi dengan sistem syari’ah,” jelasnya.

Dengan sistem syari’ah, pria berdarah Senaung ini berharap semua anggota yang tergabung dalam koperasi dapat mencapai keberkahan dan ridha Allah Swt. (umay/Jurdilaga PA Muara Tebo-PTA Jambi)

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 



Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas